Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar

Nadya Rahmi, 190201091 (2024) Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar] Text (Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar)
SKRIPSI an Nadya Rahmi font 12 fixx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar] Text (Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar)
SKRIPSI an Nadya Rahmi font 12 fixx - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an di SMPN 2 Mesjid Raya Aceh Besar menjadi sebuah program penting dalam Islam. Penerapan program bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur'an sebagai bagian dari pendidikan karakter berbasis keislaman, mengevaluasi implementasi program, mengidentifikasi kendala, serta memberikan rekomendasi perbaikan. Teori yang digunakan dalam pelaksanaan program lebih mengacu pada pendekatan pendidikan Islam yang menekankan metode talaqqi dan murajaah sebagai strategi pengajaran efektif. Metode penelitian melibatkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program tahfizh, serta hambatan dan solusi yang diterapkan di sekolah tersebut. Data dikumpulkan dari peserta didik, guru tahfizh dan kepala sekolah untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai efektivitas program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini telah berjalan baik, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, fasilitas pendukung yang kurang memadai, kurangnya keterlibatan orang tua, kemampuan peserta didik dan tantangan dalam konsistensi serta motivasi peserta didik. Secara keseluruhan, program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan hafalan peserta didik, serta membentuk karakter religius yang kuat. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua untuk mendukung keberhasilan program. Kolaborasi ini dapat diwujudkan melalui komunikasi yang intensif, pengadaan forum rutin antara sekolah dan orang tua, serta pemberian panduan praktis bagi orang tua untuk membantu peserta didik menghafal di rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lainnya dalam merancang dan mengimplementasikan program serupa secara lebih optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadya Rahmi
Date Deposited: 17 Jan 2025 09:51
Last Modified: 17 Jan 2025 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42342

Actions (login required)

View Item
View Item