Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 11 Banda Aceh

Tawardi Kurniawan, 201223344 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Skripsi ini menjelaskan tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips kelas v min 11 Banda Aceh)
Tawardi Kurniawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPS di MI, karena dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah guru dapat mengaitkan pelajaran dengan masalah yang dihadapi oleh siswa dilingkungan sehari-hari siswa untuk dipecahkan permasalahan secara mandiri. Pertanyaan dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimanakah aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS kelas V MIN 11 Banda Aceh dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah? dan, (2). Bagaimanakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V MIN 11 Banda Aceh?.Penelitian ini merupakan penelitian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, data yang dikumpukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa tes awal (pre-test) yang dilakukan terhadap 38 orang siswa, siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase 68,42%, sedangkan siswa yang tidak tuntas persentasenya adalah 31,57%, kemudian pada tes akhir (post-test) terlihat perbedaan persentase, siswa yang tuntas mencapai 86,84%, sedangkan yang tidak tuntas hanya 13,15%. Hasil belajar siswa menunjukan respon positif terhadap penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia, yaitu 95,71%. Sebagai kesimpulan pertama aktifitas guru masih belum mampu mengondisikan kelas. Kedua,kemampuan menyampaikan pembelajaran yang dilaksanakan dengan kompetensi. Sementara, aktivitas siswa, terlihat bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran sudah cukup baik pada setiap siklus pembelajaran. Namun, masih ada kriteria penilaian dengan kategori yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M.Pd; NIP.196905141994021001. 2. Sri Mutia, M.Pd ;
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tawardi Kurniawan
Date Deposited: 19 Aug 2017 02:46
Last Modified: 19 Mar 2018 15:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item
TOP