Pengaruh Model Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor di SMAN 1 Bukit Bener Meriah

Febria Wahnate, 251324439 (2017) Pengaruh Model Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor di SMAN 1 Bukit Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Febria Wahnate.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi Suhu dan Kalor adalah pembelajaran yang sarat dengan rumus yang membuat siswa terbebani, karena siswa menganggap rumus-rumus tersebut sebagai bahan hafalan sehingga kurang menarik, berdasarkan hal ini keterampilan proses sains siswa pada materi Suhu dan Kalor masih rendah dan belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep suhu dan kalor di SMAN 1 Bukit Bener Meriah. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi-experimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design ( test awal dan akhir) menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 72,86 lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 62,61. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung2,603> ttabel 1,725 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor dikarenakan persentase kelas eksperimen > persentase kelas kontrol, yaitu 72,86% > 62,61%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Chalis, M. Ag; 2. Hafizul Furqan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Keterampilan Proses Sains Siswa, Suhu dan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Febria Wahnate
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:22
Last Modified: 27 Jul 2018 10:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4244

Actions (login required)

View Item
View Item