Desain Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 5e Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMP/MTS

Irna Sari, 190204027 (2025) Desain Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 5e Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di SMP/MTS. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 5e] Text (Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 5e)
Irna Sari, 190204027, FTK, PFS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian yang telah dilakukan, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika terutama pada materi getaran dan gelombang. Hal ini dikarenakan kurangnya bahan ajar dan model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang diterapkan belum dapat meningkatkan keaktifan peserta didik untuk memahami konsep materi. Dalam pembelajaran fisika peserta didik dituntut memahami konsep secara mandiri melalui pengamatan, pengalaman dan praktikum. Oleh karena itu diperlukan modul pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif, serta memudahkan peserta didik dalam memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesain modul fisika berbasis Learning Cycle 5E pada materi getaran dan gelombang dan untuk mengetahui tingkat kelayakan terhadap modul fisika berbasis Learning Cycle 5E pada materi getaran dan gelombang. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Hasil penelitian diperoleh bahwa modul fisika berbasis Learning Cycle 5E pada materi getaran dan gelombang adalah lembar validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 94, 93 % dengan kriteria “sangat layak”, lembar validasi ahli media memperoleh skor 96, 26 % dengan kriteria “sangat layak”. Keseluruhan rata-rata skor yang diperoleh 95, 59 % dengan kriteria “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa desain modul fisika berbasis learning cycle 5E pada materi getaran dan gelombang di SMP/MTS sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 541 Kimia fisika
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 542 Teknik, Prosedure, Alat, Perlengkapan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irna Sari Irna
Date Deposited: 18 Jan 2025 02:48
Last Modified: 18 Jan 2025 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42485

Actions (login required)

View Item
View Item