Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutacane

Purnama Perpia Nopa, 190208010 (2025) Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutacane. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 1 KUTACANE] Text (PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 1 KUTACANE)
Purnama Perpia Nopa, 190208010, FTK, PKM, 082362800886.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan penuntun praktikum berbasis kearifan lokal pada materi koloid dilakukan berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMA Negeri 1 Kutacane. Guru tersebut menyatakan bahwa di sekolah tersebut tidak tersedia penuntun praktikum yang digunakan saat melaksanakan praktikum di laboratorium.Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui kevalidan penuntun praktikum berbasis kearifan lokal pada materi koloid di SMA Negeri 1 Kutacane: 2) mengetahui respon peserta didik terhadap penuntun praktikum berbasis kearifan lokal pada materi koloid di SMA Negeri 1 Kutacane yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan/Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang peserta didik kelas XII B PLUS MIPA dari SMA Negeri 1 Kutacane. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lembar validasi dan analisis respons peserta didik. Berdasarkan hasil lembar validasi dari tiga validator, yang menilai aspek materi, bahasa, dan desain, diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,8% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis respons peserta didik terhadap penuntun praktikum berbasis kearifan lokal menunjukkan dua rata-rata persentase, yaitu 18,67% pada skala likert empat dan 81,03% pada skala likert lima. Kedua hasil tersebut jika digabungkan menghasilkan persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum berbasis kearifan lokal pada materi koloid sangat valid untuk digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 542 Teknik, Prosedure, Alat, Perlengkapan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Purnama Perpia Nopa Purnama
Date Deposited: 18 Jan 2025 02:54
Last Modified: 18 Jan 2025 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42539

Actions (login required)

View Item
View Item