Evaluasi Program Gift Day Di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar

Auva Safira, 190503071 (2025) Evaluasi Program Gift Day Di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar. Other thesis, Uin Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of evaluasi program gift day di perpustakaan sekolah menengah atas negeri 2 unggul ali hasjmy aceh besar] Text (evaluasi program gift day di perpustakaan sekolah menengah atas negeri 2 unggul ali hasjmy aceh besar)
Skripsi Auva Safira, 190503071.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Program Gift Day di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Unggul Ali Hasjmy Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi serta mengidentifikasi keterlaksanaan program gift day. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CCIP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks (Context), program gift day sejalan dengan dengan tujuan perpustakaan yaitu meningkatkan minat baca siswa. Dari aspek input, sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan gift day sudah memadai dan anggaran yang digunakan juga membantu program berjalan dengan maksimal, karena sumber dana tersebut tidak hanya berasal dari dana BOS atau ATK saja, akan tetapi termasuk dana dari sanksi siswa yang telat mengembalikan buku dan kerusakan buku, dana tersebut digunakan untuk membeli gift dan kemudian akan diberikan kepada siswa yang mengunjungi perpustakaan. Kemudian pada aspek proses (Process), beberapa strategi yang diterapkan cukup efektif dan pelaksanaan program gift day sudah konsisten dan rutin dilakukan sejak 2018 sampai sekarang, dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Bentuk-bentuk hadiah yang diberikan cukup menarik dan relevan sehingga memenuhi empat indikator pemberian gift yaitu: (1) attention (perhatian), gift yang diberikan berhasil menarik perhatian siswa. (2) interest (minat), bentuk gift yang ditawarkan cukup menarik minat siswa, (3) desire (keinginan), gift yang dirancang mampu menumbuhkan keinginan pada siswa untuk berpartisipasi dalam program. (4) action (tindakan), dengan gift yang ditawarkan, sebagian siswa telah menunjukkan tindakan nyata. Pada aspek produk (Product), program ini berhasil meningkatkan motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan dan menghasilkan beberapa pencapaian. Meskipun program gift day memiliki dampak positif dalam berbagai aspek, namun pelaksanaan program gift day belum sepenuhnya maksimal. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya dapat dilihat pada aspek input, dimana beberapa siswa masih belum berpartisipasi pada program gift day. Kemudian pada aspek process, strategi promosi program gift day kontribusi guru masih belum optimal, dalam artian beberapa guru tidak terlalu menekankan pentingnya program ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Auva Safira Auva
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:34
Last Modified: 18 Jan 2025 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42626

Actions (login required)

View Item
View Item