Metode Komunikasi Pdam Tirta Daroy dalam Penyelesaian Komplain Warga Kota Banda Aceh

Nurul Ziana, 411307014 (2018) Metode Komunikasi Pdam Tirta Daroy dalam Penyelesaian Komplain Warga Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Komunikasi)
Nurul Ziana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Komunikasi PDAM Tirta Daroy kota Banda Aceh dalam Penyelesaian Komplain Warga Kota Banda Aceh”. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimana kualitas pelayanan pada PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh dalam meningkatkan efisiensi perusahaan. (2) Metode komunikasi apa yang dapat digunakan dalam menangani komplain masyarakat pada PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan PDAM Tirta Daroy kota Banda Aceh dalam meningkatkan efisiensi perusahaan dan untuk mengetahui metode komunikasi apa yang dapat digunakan dalam menangani komplain masyarakat pada PDAM. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, PDAM Tirta Daroy berpegang pada konsep kecepatan, ketetapan, keramahan, dan kenyamanan demi mencapai hasil kerja yang maksimal didukung dengan manajemen yang baik dan didukung dengan fasilitas yang cukup memadai demi kenyamanan dan kecepatan setiap pegawai dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Adapun metode komunikasi yang mendukung dalam menangani komplain masyarakat adalah metode komunikasi segala arah dalam bentuk Multi Step Flow Communication (komunikasi bertahap). Saat pelanggan yang melakukan komplain akan ditanggani langsung oleh pegawai dan permasalahan tersebut akan dimusyawarahkan bersama, dengan melakukan musyawarah diharapkan setiap keluhan yang terjadi dapat diselesaikan secara bersama-sama sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam setiap permasalahan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H. M. Sufi Abd. Muthalib, M. Pd 2.Fairus, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Metode, Komunikasi, PDAM, Penyelesaian, Komplain
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Ziana
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:16
Last Modified: 03 Aug 2018 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item
TOP