Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Murid dalam Penulisan Huruf (Penelitian Eksperimen di Min lambaro, Aceh besar)

Misbahul Fayani, 221324012 (2018) Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Murid dalam Penulisan Huruf (Penelitian Eksperimen di Min lambaro, Aceh besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah)
Misbahul Fayani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi : Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Murid dalam Penulisan Huruf (Penelitian eksperimen di Min lambaro, Aceh besar) Nama Penulis : Misbahul Fayani Nim : 221324012
Subjek penelitian ini adalah, Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Murid dalam Penulisan Huruf. (Penelitian eksperimen di Min Lambaro, Aceh besar). Peneliti memilih topik ini karena banyak murid di sekolah MIN Lambaro menghadapi kesulitan dalam penyusunan huruf menjadi kata dan kalimat yaitu menyambung satu huruf dengan huruf yang lain seperti contoh kata "
ٌ ﻞْ ﻴِ ﻠَ kata "ﻗ murid tidak mampu menulis dengan benar, mereka menulis " ٌ ﻞْ ﻴِ ﻠَ "ﻗ dengan tulisan " ِ ﻞَ ﻗ ٌ ﻞْ "ﻳ sementara kata demikian tidak mengandung makna yang benar . Oleh karena itu peneliti mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan salah satu media pembelajaran yaitu “Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Murid dalam Penulisan Huruf”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon murid dalam penggunaan media permainan huruf hijaiyah dan untuk mengetahui kemampuan murid dalam mengenal penulisan huruf dengan menggunakan media permainan huruf hijaiyah. Adapun instrumen penelitian adalah Lembar Observasi, Soal Pretest dan Posttest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa di kelas (4-1) jumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini bahwa penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran untuk menulis huruf-huruf hijaiyah. Hasil ini diketahui melalui pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) di terima, karena nilai Ttest lebih besar dari pada Ttabel dengan nilai : 2,03<11,76>2,72.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Usman Husein, M.Ag 2.Dr. Mukhlisah, MA
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan, Huruf, Hijaiyah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Misbahul Fayani
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:02
Last Modified: 27 Jul 2018 10:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item
View Item