Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Helvy Aprianty, 291324951 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran TGT]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran TGT)
Helvy Aprianty.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran kimia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajarnya, salah satu penyebabnya adalah metode ataupun model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran tidak bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui aktivitas belajar, hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT pada materi tata nama senyawa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-C MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada materi tata nama senyawa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 97,92%, pertemuan kedua 98,96% dan pertemuan ketiga 97,99% termasuk kategori sangat baik. Pada hasil belajar berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh hasil yakni nilai signifikan untuk pretest 0,093 > 0,05 dan nilai signifikan pos-test 0,114 > 0,05 yang menyatakan bahwa hasil data untuk pre-test dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji NGain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,7 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Hasil uji t berpasangan (paired sampel t test) diperoleh dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa. Respon siswa dengan menggunakan model TGT yaitu 96%, yang menyatakan bahwa mereka sangat tertarik belajar dengan menggunakan model TGT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model TGT terhadap aktivitas, hasil belajar dan respon siswa pada materi tata nama senyawa di MAS Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Hayatuz Zakiyah, M.pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Tata Nama Senyawa, Aktivitas, Hasil Belajar dan Respon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Helvy Aprianty
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:36
Last Modified: 26 Jul 2018 08:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item
View Item