Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di Kelas V MIN 10 Aceh Besar

Dian Fadhliani, 201325089 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat melalui Strategi PQ4R]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat melalui Strategi PQ4R)
Dian Fadhliani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih strategi belajar yang sesuai. Dalam kegiatan belajar, sedikitnya siswa yang menjawab ketika ada pertanyaan dari guru. Keaktifan siswa masih kurang dalam mengelola informasi serta daya tangkap dan ingatan siswa masih kurang dalam memahami materi, maka guru harus menerapkan strategi agar siswa dapat belajar dengan baik. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi PQ4R yaitu suatu strategi yang digunakan guru untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan mengingat apa yang telah mereka baca serta dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui strategi PQ4R pada Tema Kerukunan dalam bermasyarakat di Kelas V MIN 10 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui strategi PQ4R pada Tema Kerukunan dalam bermasyarakat di Kelas V MIN 10 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi PQ4R pada Tema Kerukunan dalam bermasyarakat di Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VA MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 24 orang. Teknik dan instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap siklus. Hasil aktivitas guru pada siklus I 3,20% termasuk kategori (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 4,00% dalam kategori (baik), dan pada siklus III aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi 4,60% yaitu dalam kategori (baik sekali). Sedangkan hasil aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan pada setiap siklus, siklus I 2,92% termasuk kategori (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 3,71% dalam kategori (baik), dan pada siklus III meningkat menjadi 4,57% dalam kategori (baik sekali). Hasil belajar siswa melalui penerapan strategi PQ4R pada tes awal adalah 37,5% pada siklus I meningkat yaitu 58,33%, siklus II 66,66% dan pada siklus III meningkat hingga 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MIN 10 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim RCL, S.H., M.Ag 2.Irwandi, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi PQ4R, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Fadhliani
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:50
Last Modified: 27 Jul 2018 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item
View Item