Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD

Nur Hidayati, 201121796 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Kooperatif Tipe STAD]
Preview
Text (Membahas tentang Model Kooperatif Tipe STAD)
Nur Hidayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara memilih model pembelajaran yang sesuai. Dari Hasil observasi di kelas V MIN Tungkob Aceh Besar, masih terdapat kekurangan pada model pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa siswa kelas V3 MIN Tungkob Aceh Besar masih rendah. Dari jumlah siswa 38 siswa belum mencapai kriteria (KKM), standar nilai KKM 65. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS keragaman suku bangsa, guru memerlukan model. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model STAD. Dengan menggunakan model STAD diharapkan dapat mengatasi kesulitan pembelajaran Menghargai keanekaragaman suku bangsa, khususnya penelitian ini untuk mengetahui tingkat aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model STAD pada materi keragaman suku bangsa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh aktivitas guru meningkat dari nilai persentase 72,91% pada siklus I menjadi 91,66% yaitu pada siklus II. Aktivitas siswa dari nilai persentase pada siklus I 70 ,45% menjadi 95,45 % pada siklus II. Hasil tes siswa dengan menggunakan model STAD pada siklus I 52,63% meningkat pada siklus ke II 89, 47%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model Stad siswa lebih aktif, kritis, logis, dan analisis dalam memahami konsep belajar, karena bakat siswa dapat diasah dengan baik dan mereka bertanggung jawab baik terhadap individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M. Pd 2.Sri Mutia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model STAD dan Hasil Belajar pada pembelajaran IPS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:35
Last Modified: 27 Jul 2018 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item
View Item