Pendekatan Behavioristik dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil

Ulva Hasdiana, 140213061 (2018) Pendekatan Behavioristik dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pendekatan Belajar)
ULVA HASDIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan periode yang sulit ditempuh, sehingga remaja sering dikatakan kelompok umum bermasalah. Pada masa ini mereka merasa mendapatkan
kebebasan dalam melakukan suatu hal seperti halnya orang dewasa. Namun apa yang
dilakukan oleh anak tersebut merupakan beberapa tingkah laku yang melanggar aturan, norma yang berlaku, segala macam tindakan siswa yang melanggar aturan seperti membolos, minum-minuman keras, menjudi dan pacaran. Hal itu semua
digolongkan sebagai kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah kelainan tingkah laku, perbuatan atau tindakan
remaja yang bersifat anti sosial yang melanggar norma-norma sosial, agama serta ketentuan hukum yang berlaku dalam masyarakat. Dalam rangka pengentasan masalah tesebut perlu adanya suatu solusi atau pendekatan yang diberikan pendidik
kepada peserta didik. Dalam hal ini peneliti menggunakan Pendekatan Behavioristik. Pendekatan behavioristik adalah suatu pendekatan terapi tingkah laku yang berkembang pesat dan sangat populer, dikarenakan memenuhi prinsip-prinsip
kesederhanaan, kepraktisan, mudah dipahami dan diterapkan, serta adanya penekanan perhatian pada perilaku yang positif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku peserta didik sebelum dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioristic untuk mengatasi kenakalan remaja.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian Pre-Experimen dengan menggunakan one grub pretest-posttes dimana terdapat satu kelompok saja tanpa adanya kelompok
perbandingan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan perilaku peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan behavioristik. Hal ini dapat dilihat dari skor mean pretest yaitu 56,5 dan posttes 47,3 terdapat penurunan sebesar 9,2 nilai rata-rata peserta didik. Hal ini
menunjukkan terdapat perubahan perilaku peserta didik yang signifikan antara Sebelum dan Sesudah diberikannya layanan. Penilaian hasil juga dilakukan melalui observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Masbur, M. Ag 2. Nuzliah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Behavioristik, Kenakalan Remaja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ulva Hasdiana
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:13
Last Modified: 26 Jul 2018 09:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item
TOP