Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Mind Mapping dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Banda Aceh

Mardhatillah Rasyid, 201223345 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Mind Mapping dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentnag Metode Mind Mapping)
Mardhatillah Rasyid.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencapai proses pembelajaran yang aktif, pada umumnya guru di MIN 2 Banda Aceh kurang menggunakan metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat. Sehingga siswa di kelas sering merasakan jenuh dan kurang memiliki minat dalam belajar yang membuat suasana kelas cenderung pasif, dan sedikit siswa yang mau bertanya pada guru meskipun materi yang diajarkan belum dipahami. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran mind mapping dan media gambar dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping dengan media gambar pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping dengan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini berlangsung tiga siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen penelitian, lembar observasi, tes, dan diolah menggunakan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian selama tiga siklus menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,63 pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,93. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 87,95. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 67,60, pada siklus II dengan nilai 71,95. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai 86,20. Aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 66,66, pada siklus II dengan nilai 71,60. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai 85,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dengan media gambar pada materi kerangka manusia dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M.Pd 2.Daniah S.Si.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Media Gambar, Pelajaran IPA Kelas V
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mardhatillah Rasyid
Date Deposited: 27 Jul 2018 04:26
Last Modified: 27 Jul 2018 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item
TOP