Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tumbukan di Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Eva Rosdiani, 251324520 (2018) Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tumbukan di Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Eva Rosdiani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMPAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh besar umumnya masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya minat peserta didik terhadap proses pembelajaran dan ditambah dengan metode ajar yang masih konvensional. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang dialaminya selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dianggap tepat oleh peneliti adalah PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode Quasi Exsperiment dengan control pretest-posttest design dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang jumlah masing-masing peserta yaitu 18 orang dan 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan uji statistik berupa mean (nilai rata-rata) dan data dari hasil angket respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa nilai rata-rata posstest kelas eksperimen sebesar 74,33 dan kelas kontrol sebesar 59,5, dengan hasil uji t menunjukkan bahwa yaitu 11,04 > 1,697 pada taraf signifikan 95%, yang bearti Ha diterima. Persentase respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) adalah sangat positif dengan kriteria yang menjawab sangat setuju 65,18%, setuju 25,2% dan kurang setuju 9,62%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Tumbukan Kelas XI SMAN 1 Krueng barona Jaya Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed; 2. Sri Nengsih, S.Si. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Tumbukan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Eva Rosdiani
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:26
Last Modified: 27 Jul 2018 10:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item
View Item