Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Experiential dengan Pemanfaatan Media Video Compact Disc pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MIN Jantho Aceh Besar

Syarifah Diva Masthura, 201325176 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Experiential dengan Pemanfaatan Media Video Compact Disc pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MIN Jantho Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Experiential]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Experiential)
Syarifah Diva Masthura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal terungkap bahwa penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah MIN Jantho masih sangat sederhana, hanya menerapkan model ceramah serta menggunakan gambar yang terdapat pada buku siswa. Dampak yang terjadi membuat siswa menjadi bosan, dan kurang bersemangat sehingga menjadi kurang tertarik pada pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran experiential dengan pemanfaatan media video compact disc lebih baik daripada penerapan model konvensional pada tema makananku sehat dan bergizi di kelas IV MIN Jantho Aceh Besar, dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran experiential dengan pemanfaatan media video compact disc. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dalam bentuk multiple choice, dan data respon berbentuk angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-a yang berjumlah 29 siswa dan IV-b yang berjumlah 28 siswa di MIN Jantho Aceh Besar. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas (quasi experimental), yakni IV-a sebagai kelas kontrol dan IV-b sebagai kelas eksperimen. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan statistik uji t, dan uji t independen pada varian yang berbeda menggunakan α = 0,95 atau 5% dan data respon siswa dianalisis dengan skala likert. Diperoleh thitung > ttabel yaitu, 9,529 > 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran experiential dengan pemanfaatan media video compact disc lebih baik daripada penerapan model konvensional, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran experiential dengan pemanfaatan media video compact disc mendapat respon yang sangat positif, yaitu diperoleh skor rata-rata 3,274.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr. M. Nasir Budiman, M.A. 2.Herawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Experiential, Media Video Compact Disc, Tema Makananku Sehat dan Bergizi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Diva Masthura
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:23
Last Modified: 30 Jul 2018 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item
View Item