Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu (Flash Card) pada Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar

Cut Sarina, 201325086 (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu (Flash Card) pada Siswa Kelas I MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu (Flash Card)]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu (Flash Card))
Cut Sarina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas rendah adalah dengan memilih media pembelajaran yang menarik. Dalam kegiatan belajar, siswa kurang aktif dan merasa seolah-olah dipaksa untuk belajar, karena rendahnya minat membaca pada siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Flash Card yaitu media kartu kata bergambar untuk menarik perhatian dan minat membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MIN 10 Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MIN 10 Aceh Besar yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 siswa dan 11 siswi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 September sampai dengan 28 September 2017. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan tulisan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu rubrik penilaian membaca, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Flash Card, kemudian berhenti ketika target ketuntasan telah tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa sebelum penelitian 63,5 dengan ketuntasan belajar siswa 35%. Kemudian kegiatan pembelajaran siklus I, kemampuan membaca siswa meningkat dengan rata-rata 69 dengan ketuntasan belajar siswa 65%. Selanjutnya pada kegiatan menyempurnaan pada pembelajaran siklus II, kemampuan belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 79,5 dengan ketuntasan belajar siswa 90%. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I MIN 10 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M. Pd 2.Yuni Setia Ningsih, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Hasil Kemampuan Membaca, Media Flash Card
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Sarina
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:00
Last Modified: 06 Aug 2018 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item
View Item