Peningkatan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik dengan Ploblem Based Learning (PBL) Dikelas V MIN 17 Aceh Selatan

Azhari, 201325141 (2018) Peningkatan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik dengan Ploblem Based Learning (PBL) Dikelas V MIN 17 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Azhari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi peneliti pada sekolah MIN 17 Aceh selatan, terlihat siswa kurang bergairah di dalam belajar pada saat mengikuti pembelajaran dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Adapun rumusan masalah adalah Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran temati dengan PBL di kelas V MIN 17 Aceh Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahuai aktivitas guru dan siswa dalam tema 3 subtema 1 pelajaran 2 serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan PBL di kelas V MIN 17 Aceh Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK),dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V/b MIN 17 Aceh Selatan yang berjumlah 15 orang siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumupulan data menggunakan: (1) Observasi, (2) Pre test, (3) Post test kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 66,6, siklus II memproleh nilai 82,1 dan pada siklus III memperoleh Nilai 89.2 (2) kemampuan guru pada siklus I memperoleh nilai 67,86, siklus II memperoleh nilai 85,7 dan siklus III memperoleh nilai 91. (3) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53,3 , pada siklus II 73,3 dan pada siklus III memperoleh nilai 86,7. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 17 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar M.Pd; 2. Nida Jamita S,Pd.I ,MPd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, dan Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: azhari anhar hafit
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:55
Last Modified: 02 Aug 2018 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item
View Item