Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh

Raudhahtun Nisa, 210209133 (2025) Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh  Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh)
SKRIPSI RAUDHAHTUN NISA CETAK .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh  Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Aceh Kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh)
SKRIPSI RAUDHAHTUN NISA CETAK - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan belajar berbasis budaya aceh pada materi segiempat. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan diketahui bahwa materi yang terdapat pada buku siswa yang digunakan untuk belajar masih belum memuat aspek pembelajaran kontekstual sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui kelayakan modul etnomatematika berbasis budaya Aceh dan (2) Untuk mengetahui kepraktisan modul etnomatematika berbasis busaya Aceh yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul etnomatematika berbasis budaya Aceh telah memenuhi katagori sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor 98,3 % dan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 90,55 %. (2) Data hasil respon guru dan SISWA pada lembar kepraktisan modul etnomatematika berbasis budaya Aceh telah memenuhi katagori sangat praktis berdasarkan hasil respon lembar kepraktisan guru diperoleh skor 93 % dan hasil respon lembar kepraktisan siswa diperoleh skor 91,8 %. Berdasarkan hasil penelitian maka modul etnomatematika berbasis budaya Aceh siswa kelas IV SD Negeri 58 Banda Aceh telah dikembangkan melalui tahapan model ADDIE serta sangat layak dan sangat praktis untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudhahtun Nisa
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:48
Last Modified: 21 Apr 2025 08:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44125

Actions (login required)

View Item
View Item