Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini melalui Permainan Kartu di Kelompok B TK Ibnu Sina Barabung Aceh Besar

Putri Mulya Sari, 140210005 (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini melalui Permainan Kartu di Kelompok B TK Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Proses Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Proses Pembelajaran)
Putri Mulya Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca permulaan merupakan salah satu bagian dari aspek perkembangan bahasa anak usia dini yang harus dikembangkan. Belajar sambil bermain merupakan salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam mengembangankan kemampuan berbahasa anak khususnya membaca permulaan. Namun secara realita TK Ibnu Sina belum menggunakan prinsip tersebut dalam proses
pembelajaran membaca permulaan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan permainan kartu? Bagaimana peningkatan kemampuan membaca
permulaan anak setelah penerapan permainan kartu huruf di Kelompok B TK Ibnu
Sina Barabung Aceh Besar? Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan permainan kartu huruf dan untuk melihat peningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu di
kelompok B TK Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan dua siklus penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi checklist dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan
sebesar 37,5% pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan
sebesar 87,5%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan ini terlihat dari
anak sudah mampu membaca permulaan dengan menggunakan prinsip belajar
sambil bermain. Langkah-langkah penerapan yang digunakan untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yaitu dengan menggunakan
permainan kompetisi kelompok, guru memberikan penjelasan tentang huruf abjad,
serta pemberian penghargaan secara verbal dan tepuk tangan kepada kelompok
yang menang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa permainan
kartu dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK Ibnu Sina
Barabung Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Siti Khasinah, M. Pd 2. Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Permainan Kartu, TK Ibnu Sina Barabung Aceh Besar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Putri Mulya Sari
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:28
Last Modified: 06 Aug 2018 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item
View Item