Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Peusangan Bireuen

Salwa Hanum, 291324989 (2017) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Peusangan Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa)
Salwa Hanum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dan menggunakan pendekatan konstektual sehingga proses belajar mengajar belum optimal. Akibatnya nilai siswa masih rendah di bawah nilai KKM yaitu 66. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas siswa (2). Aktivitas guru (3). Hasil belajar dan Ketuntasan hasil belajar (4). Respon siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing Penelitian ini dilaksanakan pada April 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk multiple choise dan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Persentase aktivitas siswa pada siklus I (73.96%) dan siklus II (90.62%). (2). Persentase aktivitas guru pada siklus I (77.08%) dan siklus II (94.79%). (3). Rata-rata hasil belajar siswa siklus I (66.67) dan siklus II (82.38), ketuntasan klasikal siklus I (66.67%) dan siklus II (85,71%). (4). Respon siswa positif dimana 84.29% siswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Asam Basa. Hasil penelitian penerapan model Inkuiri Terbimbing pada materi Asam Basa dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dengan kriteria baik sekali, ketuntasan belajar siswa dengan kriteria tinggi, dan respon siswa menyatakan positif dikelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Peusangan Bireuen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Muammar Yulian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Respon Siswa, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru dan Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Salwa Hanum
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:25
Last Modified: 03 Aug 2018 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item
View Item