Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar

Minhajul Asrar, 201325098 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Model Pembelajaran Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Problem Based Learning)
Minhajul Asrar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang tidak di desain membuat siswa bosan dan jenuh pada saat belajar, yang membuat hasil belajar siswa rendah terhadap pembelajaran. Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu cara yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi Tema 8 “Tempat Tinggalku” yaitu pada pembelajaran 1, 2 dan 3. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung dalam III siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,61% (cukup), kemudian mengalami peningkatan pada siklus ke II dengan nilai rata-rata 78,4% (baik), kemudian pada siklus ke III terus meningkat dengan nilai rata-rata 92,17% (baik sekali). Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 62,66% (cukup) terlihat bahwa masih sangat banyak kekurangan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 79,4% (baik), kemudian pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 94% (baik sekali). Berdasarkan hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh 67,08%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II 79,41%, kemudian pada siklus III peningkatan yang diperoleh 82,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning yang sudah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M.Pd 2.Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Minhajul Asrar
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:24
Last Modified: 28 Sep 2018 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item
View Item