Penggunaan Media Interaktif pada Pembelajaran Konsep Usaha dan Energi di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh

M. Edi Satriansyah, 251121363 (2016) Penggunaan Media Interaktif pada Pembelajaran Konsep Usaha dan Energi di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of skripsi tentang penggunaan media interaktif pada pembelajaran]
Preview
Text (skripsi tentang penggunaan media interaktif pada pembelajaran)
upload perpus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap media belajar interaktif pada materi usaha dan energi. Media interaktif merupakan suatu media pendidikan berbasis komputer yang dapat dikontrol oleh pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb sebanyak 23 orang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan design One-Group Pre-Test-Post-Test. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes tertulis dan angket. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan rumus uji statistik yaitu uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pre-test yaitu 51,58 menjadi post-test yaitu sebesar 72,63. Adapun respon siswa terhadap penggunaan media interaktif dikategorikan baik, dengan persentase sebesar 81,21%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Munawati, M.Si 2.Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Usaha dan Energi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: edi satrian syah
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:53
Last Modified: 11 Sep 2017 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item
View Item