Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Konsep Gerak Lurus Kelas VIII SMP Unggul 1 Seulimeum

Zatul Mimi, 251324491 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Konsep Gerak Lurus Kelas VIII SMP Unggul 1 Seulimeum. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Treffinger]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Treffinger)
Zatul Mimi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir siswa di kelas VIII SMP Unggul Seulimeum terlihat umumnya masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap proses pembelajaran dan ditambah dengan metode ajar yang masih konvensional. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa dalam memecahkan permasalahan yang dialaminya selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dianggap tepat oleh peneliti adalah Treffinger. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada konsep gerak lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pree eksperimen dengan one group pre test post test desain, dengan melibatkan satu kelas yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk essay dan observasi. Data hasil tes dianalisis dengan uji statistik berupa mean (nilai rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan nilai pre test siswa yaitu sebesar 44,54 dan nilai post test siswa yaitu sebesar 75,13. Berdasarkan uji rata-rata menggunakan uji t diperolah thitung > ttabel yaitu 75, 13 > 44,54 pada tarafsignifikan 95%, yang bearti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada konsep gerak lurus di kelas VIII SMP Unggul 1 Seulimeum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Nurulwati, M.Pd 2.Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Treffinger,Kemampuan Berfikir Kreatif, Konsep Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zatul Mimi
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:42
Last Modified: 10 Aug 2018 08:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item
View Item