Urgensi Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Miftahul Riski, 311303307 (2018) Urgensi Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat]
Preview
Text (Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat)
Miftahul Riski.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (519kB) | Preview
Official URL: http://ar-raniry.ac.id

Abstract

Salah satu tawaran diera modern saat ini ialah media sosial yang telah banyak orang-orang menggunakannya, tidak hanya satu aplikassi media sosial yang ditawarkan akan tetapi tinggal pada pilihan masing-masing aplikasi media sosial yang mana lebih diaggap eksis untuk dapat mengeskpresikan diri, kebanyakan yang memburu media sosial tidak luput dari kalangan remaja yang paling ramai, tidak hanya kalangan remaja anak-anak usia Sekolah Dasar pun juga sudah mengetahui adanya media sosial, namun semakin pesat berkembangnya media sosial tentu kita menginginkan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat. Akan tetapi jika dilihat dari penggunaannya masih banyak masyarakat yang tidak bisa mempergunakan media sosial pada tempatnya. Masyarakat diharapkan bisa sadar akan etika dalam penggunaan media sosial agar bisa menjaga perasaan masing-masing masyarakat dalam penggunaan media sosial. Beranjak dari permasalahan tersebut peneliti berusaha melihat bagaimana dampak penggunaan media sosial Bagi pembentukan akhlak dan Akidah dikalangan anak muda di Banda Aceh dan Bagaimanakah anak muda menggunakan media sosial sebagai tempat berjejaring, membagi pengetahuan dan informasi oleh masyarakat Kecamatan Syiah kuala. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan sumber data, dengan metode analisis data bersifat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak dari masyarakat yang memahami media sosial ialah sebagai alat untuk berkomunikasi dan berikteraksi serta mencari teman baru serta informasi baru dan ada yang menggunakan media sosial untuk hiburan semata. Namun mengenai media sosial yang seharusnya diaplikasikan banyak dari pengguna media sosial yang membawanya kearah ekonomi, seperti bisnis online, ada juga yang membawanya kearah politik dan budaya bahkan sebagian besar menjadikan media sosial sebagai media dakwah, disamping itu tidak sedikit pula dari pengguna media sosial merasa risih akan informasi yang jauh dari kebenaran alias Hoak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Fuad Ramly.,M.Hum 2.Musdawati.MA
Uncontrolled Keywords: Urgensi,Pembentukan Karakter, Media Sosial
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Filsafat Agama
Depositing User: Miftahul Riski
Date Deposited: 20 Aug 2018 05:04
Last Modified: 20 Aug 2018 05:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item
View Item