Pembelajaran Sistem Indra Berbasis Qur’ani dengan Menggunakan Bulletin Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh

Tania Inora, 140207005 (2018) Pembelajaran Sistem Indra Berbasis Qur’ani dengan Menggunakan Bulletin Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Tania Inora.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form  D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Biologi SMA di Aceh yang mayoritas utama penduduknya adalah muslim disajikan tidak terlepas dari ayat-ayat Al-Qur’an, serta tidak hanya membahas teori saja tanpa mengambil hikmahnya, seperti pembelajaran sistem indra kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh. Para siswa kurang mengerti tentang ayat-ayat apa saja yang berhubungan dengan materi sistem indra. Pembelajaran di SMA cenderung tidak terlalu mendalam kajian ilmu agamanya, namun demikian bukan berarti pembelajaran terpisah dari Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah respon dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media Bulletin Board pada materi Sistem Indra berbasis Qur’ani. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 3. Metode penelitian ini yaitu experimen dengan jenis Pre Experimen dan desainnya yaitu one group pretest postest desain. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran berbasis Qur’ani dengan media Bulletin board tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 79% serta hasil belajar siswa terbukti meningkat dengan thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 18,30 dan ttabel = 1,714).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M. Ed. St 2. Dr. Ismail Anshari, M. A
Uncontrolled Keywords: Sistem Indra, Pembelajaran Berbasis Qur’ani, Bulletin board, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tania Inora
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:09
Last Modified: 20 Aug 2018 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item
View Item