Prospek Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Ar Raniry (Analisis Persepsi Pengguna Lulusan dan Minat Siswa Di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar)

Muhammad Yasir Yusuf, 2005047502 (2013) Prospek Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Ar Raniry (Analisis Persepsi Pengguna Lulusan dan Minat Siswa Di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar). Project Report. PUSLIT UIN Ar Raniry, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Hasil Laporan Penelitian UIN Ar Raniry)
laporan penelitian repositiry.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat prospek program studi Ekonomi Syariah di IAIN Ar-Raniry. Persoalan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi : Bagaimanakah pandangan dan harapan pengguna terhadap kelahiran Prodi Ekonomi Syariah di IAIN Ar-Raniry?, Bagaimanakah persepsi siswa SMA/sederajat di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar terhadap Prodi Ekonomi Syariah? Dan bagaimanakah minat siswa SMA/sederajat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam melanjutkan pendidikannya ke Prodi Ekonomi Syariah? Serta bagaimanakah tantangan dan peluang dalam pembentukan Prodi Ekonomi Syariah? Penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif, metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kajian lapangan melalui wawancara dan pengedaran kuisioner kepada responden. Hasil penelitian mendapati bahwa pandangan responden terhadap pembentukan prodi ekonomi syari’ah di IAIN Ar Raniry sangat baik. Para responden mempunyai harapan yang tinggi terhadap lulusan prodi ekonomi syariah, seperti mampu mengisi kekurangan tenaga kerja disektor keuangan mahupun pemerintahan dan swasta. Lulusan prodi ini diharapkan mampu membawa perubahan bagi praktek perbankan syari’ah. Selanjutnya, berdasarkan nilai interpretasi dari skor min, maka tingkat minat siswa SMA/sederajat Kota Banda Aceh dalam melanjutkan pendidikannya ke prodi ekonomi syariah adalah pada tingkat yang sederhana. Sementara rata-rata nilai min terhadap persepsi secara keseluruhan adalah 4,55. Berdasarkan nilai interpretasi dari skor min, maka tingkat persepsi siswa SMA/sederajat di Kota Banda Aceh terhadap prodi ekonomi syariah IAIN Ar-Raniry adalah tinggi. Korelasi antara minat dan persepsi menunjukkan bahwa minat siswa SMA/sederajat Kota Banda Aceh dan Aceh dalam melanjutkan pendidikannya ke prodi ekonomi syariah mempunyai hubungan dengan persepsi siswa prodi ekonomi syariah. Perkembangan ekonomi syariah terus berkembang pesat tidak diiringi dengan perkembangan SDM, sehingga IAIN Ar-Raniry berpeluang besar dalam menciptakan ahli-ahli ekonomi syariah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Prospek, Program Studi Ekonomi Syariah, Persepsi dan Minat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Yasir Yusuf
Date Deposited: 23 Aug 2017 05:43
Last Modified: 24 Oct 2017 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item
TOP