Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Lhoong

Andrian Sarmadi, 251324500 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Lhoong. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Andrian Sarmadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of From B dan Form D.pdf]
Preview
Text
From B dan Form D.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lhoong, diperoleh informasi bahwa nilai akhir peserta didik banyak yang belum mencapai KKM, salah satunya pada materi Usaha dan Energi. Hal ini disebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam mempelajari fisika. Sehingga peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran fisika berlangsung, strategi pembelajaran yang dilaksanakan masih berorientasi pada guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, kurangnya minat siswa dalam memahami materi fisika dan konsentrasi siswa kurang terfokus pada kegiatan pembelajaran fsika. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, melalui model pembelajaran Talking Chips.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap hasil belajar dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol X IPA2 yang berjumlah 23orang dan kelas eksperimenX IPA1 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan pemberian soal tes yang berbentuk multiple choice. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 4,46> 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan yang menunjukkan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran tipe Talking Chips terhadap hasil belajar peserta didik, hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan model Talking Chips pada materi Usaha dan Energi sebesar 81,8% sangat setuju, 76,8% setuju, 42,3% sangat tidak setuju dan 38% tidak setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bukhari, S.Si, M.T; 2. Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Usaha dan Energi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Andriann Sarmadii
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:31
Last Modified: 16 Aug 2018 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item
View Item