Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Gambar di Kelas V-A MIN 6 Aceh Timur

Yulia, 140209001 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Gambar di Kelas V-A MIN 6 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Yulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
From B dan From D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (922kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Peningkatan Hasil Belajar Siswa MenggunakanModel Problem Based Learning Dengan Media Gambar di kelas V-A MIN 6Aceh Timur”. Berdasarkan judul penelitian di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aktivitas pembelajaran guru dan siswa menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA dengan media gambar di Kelas V-A MIN 6 Aceh Timur. (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA dengan media gambar di Kelas V-A MIN 6
Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 6 Aceh Timur yang berjumlah
28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas guru dalam
mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan soal post-test berjumlah 10 soal berbentuk choice. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan media gambar. Tes multiple choice digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I 80,35 (baik sekali) kemudian pada siklus II 92,86 (baik sekali). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70 (baik) dan pada siklus II menjadi 93,33 (baik sekali). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 60,71 (cukup) dan pada siklus II menjadi 92,86 (baik sekali). Penggunaan model Problem Based Learning dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. M. Nasir Budiman, M.A; 2. Hafidh Maksum M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Post Test, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Lia
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:34
Last Modified: 19 Dec 2018 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item
View Item