Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN 2 Banda Aceh

Mahyani, 201223465 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Mahyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran inkuiri di rancang untuk mengajak siswa secara langsung ke dalam proses ilmiah dalam waktu yang relatif singkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi perubahan wujud benda di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siklus I dengan jumlah persentase 70,58% (kategori baik), dan pada siklus II meningkat 90% (kategori sangat baik), (2) pada aktivitas siswa saat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing ke dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I persentase nilainya 70,66% (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,76% (kategori sangat baik),(3) Peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA pada siklus I belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan di MIN 2 Banda Aceh dengan nilai persentase 74,35% (kategori baik), sedangkan pada saat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA di siklus II menunjukkan sebanyak 35 siswa dengan nilai persentase 89,74% berada pada kategori sangat baik dan sudah mencapai KKM namun 4 siswa lagi belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pelajaran IPA di kelas V MIN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph. D; 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Inkuiri, Inkuiri Terbimbing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahyani Yani
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:48
Last Modified: 28 Sep 2018 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item
View Item