Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Gerak pada Tumbuhan dikelas Viii Smpn 1 Samadua Aceh Selatan

Nurhidayati, 281324917 (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Gerak pada Tumbuhan dikelas Viii Smpn 1 Samadua Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Media Audio Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) dan Media Audio Visual)
Nurhidayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi di SMPN 1 Samadua Aceh Selatan masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media dan model yang sesuai dengan materi, salah satunya model Numbered Heads Together dan media Audio Visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan Audio Visual pada materi gerak pada tumbuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperiment (eksperimen semu) One Group Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Samadua, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII3 yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Togheter (NHT) dan media Audio Visual tergolong aktif dengan perolehan nilai persentase 70,5% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong Sangat aktif dengan nilai persentase 97,25% pada pertemuan kedua. Hasil uji t menunjukkan thitung (5,38) > ttable (1,73), Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Togheter (NHT) dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Iriawati 2.Muslich Hidayat
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Audio Visual, Media
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurhidayati
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:06
Last Modified: 29 Sep 2018 09:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item
View Item