Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI MIA MAS Babun Najah Banda Aceh

Maulidar, 291223338 (2016) Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI MIA MAS Babun Najah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship)
Maulidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pendekatan Chemo- Entrepreneurship)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di MAS Babun Najah menunjukkan proses belajar mengajar lebih kepada menggunakan metode konvensional, sehingga kemampuan siswa belum dapat digali dengan maksimal karena proses belajar mengajar masih berpusat pada guru. Penelitian ini di lakukan dengan menerapkan pendekatan ChemoEntrepreneurship untuk meningkatkan kreatifitas siswa, dengan menumbuhkan sikap kewirausahawan khususnya pada materi koloid. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan CEP Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI MIA MAS Babun Najah Banda Aceh. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi-Experimental Design) dengan menggunakan pola Posttest Only, Non-Equivalent Control Group Design yaitu terdiri dari satu atau beberapa kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yang tidak di ambil secara random. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase untuk aktivitas siswa dan respon siswa, dan uji-t untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa memperoleh hasil 86,99% adalah yang dikategorikan sangat baik. Respon siswa diperoleh 87,14% siswa setuju diterapkan pendekatan CEP pada materi koloid dan 12,86 siswa tidak setuju. Dan untuk hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh thitung = 6,33 dan untuk ttable = 2,001. Dengan kriteria pengujian yaitu jika–ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel maka H0 diterima, dan untuk harga t lainnya H0 ditolak, dan diperoleh – 2,001 ≤ 6,33≥ 2,001. Sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu berdasarkan nilai rata-rata siswa menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi nilai hasil belajar dari kelas kontrol, dengan perbandingan rata-rata 84,6 dan ratarata ( ) kelas kontrol 64,32.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.H.Ramli Abdullah, M.Pd 2.Djamaluddin Husita, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Chemo-Entrepreneurship, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulidar
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:50
Last Modified: 28 Sep 2018 05:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item
View Item