Meningkatkan Pemahaman Konsep Pythagoras melalui Model Problem Based Instruction dengan Teknik Scaffolding pada Siswa Kelas VIII MTsS Darul Ihsan

Amalia, 261121460 (2016) Meningkatkan Pemahaman Konsep Pythagoras melalui Model Problem Based Instruction dengan Teknik Scaffolding pada Siswa Kelas VIII MTsS Darul Ihsan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Amalia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Haji Membahas tentang Metode Pembelajaran)
From B dan From D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep matematika disebabkan siswa sering ditekankan pada penghafalan terhadap rumus-rumus matematika. Siswa banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Pythagoras diantaranya saat menemukan asal mula rumus Pythagoras, kurang memahami kegunaan teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga prestasi siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan materi Pythagoras belum memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan model dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding. Pertanyaan penelitian pada skripsi ini bagaimanakah peningkatan pemahaman konsep Pythagoras melalui model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding pada siswa kelas VIII MTsS Darul Ihsan? Apakah penerapan model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Darul Ihsan? Bagaiamanakan menerapkan model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsS Darul Ihsan?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh bahwa: Aktivitas guru dalam menerapkan model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding selama siklus I dan siklus II, mengalami peningkatan walaupun masih dalam kategori baik. Aktivitas siswa selama penerapan model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding adalah aktif. Hasil Pemahaman konsep siswa selama siklus I dan siklus II meningkat dari 67,56% menjadi 77,68%. Hasil belajar siswa dianalisis sesuai dengan KKM di sekolah dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 70,83% pada siklus I menjadi 86,95% pada siklus II dan ketuntasan belajar siswa pada post-test sudah tercapai dengan persentase 91,66%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Instruction dengan teknik Scaffolding dapat meningkatkan pemahaman konsep Pythagoras siswa kelas VIII MTsS Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Herawati S.Pd,I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran, Teknik Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Amalia Lia
Date Deposited: 01 Oct 2018 09:51
Last Modified: 01 Oct 2018 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4733

Actions (login required)

View Item View Item
TOP