Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Iistiqamah Amalia, 291223256 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT)
Iistiqamah Amalia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia, namum siswa beranggapan pelajaran kimia sulit dipahami dan membosankan. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat serta kurangnya penggunaan model atau strategi membuat siswa kurang aktif oleh sebab itu siswa kurang mempelajari atau menyukai kimia, padahal kimia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatatif tipe NHT pada materi struktur atom.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, soal tes dan respon siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data. Hasil analisis diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT tergolong baik dengan nilai rata-rata siklus I 3,20 dan siklus II 3,87. Ketuntasan belajar keberhasilan siswa juga menunjukkan peningkatan dari 71,67% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Selanjutnya respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelaran kooperatif tipe NHT memperoleh respon positif yaitu dengan persentase yang menyebut “Ya” sebanyak 85,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Muammar Yulian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Iistiqamah Amalia
Date Deposited: 07 Sep 2018 05:21
Last Modified: 07 Sep 2018 05:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item
View Item