Pemahaman Keagamaan di Kalangan Siswa-Siswi di Kota Banda Aceh (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh dan Sekolah Dasar Karya Budi)

Noor Alia Syafika Binti Abdul Hadi, 140302022 (2018) Pemahaman Keagamaan di Kalangan Siswa-Siswi di Kota Banda Aceh (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh dan Sekolah Dasar Karya Budi). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pemahaman Keagamaan]
Preview
Text (Membahas tentang Pemahaman Keagamaan)
Noor Alia Syafika Binti Abdul Hadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pemahaman Keagamaan]
Preview
Text (Membahas tentang Pemahaman Keagamaan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB) | Preview

Abstract

Pemahaman keagamaan bagi anak merupakan suatu masalah yang serius yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak terutama orang tua. Pemahaman keagamaan terhadap anak harus dibentuk di dalam diri mereka sejak usia dini, karena pada usia dini, mereka mudah menerima apa yang diajarkan. Tidak semua orang tua mempunyai waktu dan kemampuan tentang agama yang memadai. Orang tua umumnya sibuk mencari nafkah untuk keluarga sehingga memerlukan pihak lain untuk mengajarkan berbagai ilmu terhadap anaknya. Lembaga sekolah merupakan sebuah institusi yang menawarkan proses pembelajaran terhadap anak. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian di dua sekolah, yaitu sekolah Islam dan Katolik untuk melihat apakah mempunyai persamaan dan perbedaan. Persoalan yang ingin dibahas di dalam skripsi ini adalah bagaimana metode dan strategi pembelajaran keagamaan yang dijalankan di MIN Rukoh dan SD Karya Budi dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran keagamaan dijalankan di MIN Rukoh dan SD Karya Budi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu berusaha untuk mendeskripsikan setiap hal dan kejadian yang sesuai dengan hasil temuan di lapangan. Sedangkan teknik penulisan berpedoman pada buku Karya Ilmiah Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN ArRaniry Darussalam Banda Aceh edisi tahun 2018. Hasil penelitian secara ringkas dapat dijelaskan bahwa tingkat pemahaman keagamaan siswa-siswi di MIN Rukoh dan SD Karya Budi sangat dipengaruhi oleh metode dan strategi yang digunakan oleh guru, khususnya guru yang mengajar mata pelajaran agama. Penulis juga mendapati bahwa metode dan strategi yang di gunakan oleh MIN Rukoh dan SD Karya Budi hampir sama. Usaha sekolah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di kalangan siswa-siswi, baik oleh pengelola MIN Rukoh maupun SD Karya Budi dilakukan dengan giat, dan menggunakan berbagai cara serta ide-ide menarik di dalam strategi pembelajaran di kelas. Dalam setiap upaya yang dilakukan oleh kedua sekolah juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, contohnya dorongan dari orang tua siswa-siswi yang memberi dampak positif dan juga menghadapi berbagai hambatan contohnya penerimaan murid yang banyak sehingga dalam pengajaran tidak maksimal lagi yang turut memberi dampak negatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Husna Amin, M.Hum 2.Nur Laila, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Keagamaan, siswa-siswi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Noor Alia Syafika Binti Abdul Hadi
Date Deposited: 28 Sep 2018 04:07
Last Modified: 14 Nov 2018 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item
View Item