Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi melalui Media Gambar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Khairunnisa Putri, 201223397 (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi melalui Media Gambar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Khairunnisa Putri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Melalui Media Gambar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh”. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan keterampilan Menulis Karangan Argumentasi siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh. (2) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa terhadap penggunaan Media Gambar dalam Menulis Karangan Argumentasi siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Media Gambar. Media Gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa, media gambar dapat menjelaskan pengertian-pengertian yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV2 MIN 11 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunaan Media Gambar. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar pada materi Menulis Karangan Argumentasi pada siklus I (72,05%), pada siklus II mencapai (82,35%). Aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar pada materi Menulis Karangan Argumentasi pada siklus I (64,58%) pada siklus II mencapai (81,25%). Hasil belajar siswa pada materi Menulis Karangan Argumentasi juga mengalami peningkatan pada setiap siklus, siklus I (52,63%), pada siklus II mencapai (84,21%), dan sudah memenuhi angka KKM yaitu 75. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui Media Gambar dapat meningkatkan keterampilan Menulis Karangan Argumentasi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M.Ag 2. Dr. Yuni Roslaili, MA
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan, Menulis Karangan, Argumentasi Media Gambar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairunnisa Putri
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:31
Last Modified: 12 Sep 2018 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item
View Item