Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture di SMP N 1 Pasie Raja Aceh Selatan

Wirani Ritahlan, 281324938 (2018) Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture di SMP N 1 Pasie Raja Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Analisis Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Hasil Belajar)
Wirani Ritahlan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Analisis Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Hasil Belajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMPN 1 Pasie Raja Aceh Selatan berlangsung secara konvesional dan siswa terlihat kurang aktif. Hal tersebut mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pasie Raja yang terdiri dari 5 kelas, yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4 dan VIII5 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII5 yang berjumlah 25 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan instrumen test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I yaitu 65,78% dengan kategori aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu 89,47% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pre-test yaitu 38,4 mengalami peningkatan pada post-test dengan nilai rata-rata yaitu 76,6 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai ttabel=1,71 dan thitung= 12,99 dengan db= 24 pada taraf signifikan 0,05. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP N 1 Pasie Raja Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St. 2. Nafisah Hanim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Picture and Picture, aktivitas dan hasil belajar SMP N 1 Pasie Raja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wirani Ritahlan Ritahlan
Date Deposited: 14 Sep 2018 01:51
Last Modified: 14 Sep 2018 01:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item
View Item