Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN Miruk Taman Aceh Besar

Suciani, 201223391 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN Miruk Taman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Suciani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Concept Sentence merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini lebih mengarah pada pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran tata kalimat dengan menggunakan kata-kata kunci. Selain itu, Model ini juga dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Concept Sentence dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN Miruk Taman Aceh Besar serta untuk mengetahui keterampilan menulis siswa dengan penerapan model Concept Sentence dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN Miruk Taman Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIa di MIN Miruk Taman Aceh Besar yang berjumlah 33 orang siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, serta melalui tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Aktivitas guru dalam penerapan model Concept Sentence, selama tiga siklus yaitu: 45% (kurang), 66,66% (baik), 88,33% (sangat baik). 2). Aktivitas siswa selama penerapan model Concept Sentence, selama tiga siklus yaitu: 45% (kurang), 70% (baik), 93,33% (sangat baik). 3). Sedangkan skor hasil Tes Akhir keterampilan menulis kalimat menggunakan kosa kata baru dapat dilihat dari hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes siklus I, 14 siswa tuntas (42,42%) dan 19 siswa tidak tuntas (57,58%), hasil tes siklus II terdapat 22 siswa tuntas (66,66%) dan 11 siswa tidak tuntas (33,34%), sedangkan siklus III meningkat 30 siswa tuntas (83,33%) dan 3 siswa (16,67%) tidak tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi teks laporan informatif dikelas IIIa MIN Miruk Taman Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M.Ed. 2. Tabrani. ZA, S.Pd.I. M.S.I., MA.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Concept Sentence, Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:09
Last Modified: 29 Sep 2018 07:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item
View Item