Pengaruh Ekstrak Limbah Bawang Merah (Alium Cepa L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) Secara Hidroponik sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan

Irawati Syfandy, 281223089 (2017) Pengaruh Ekstrak Limbah Bawang Merah (Alium Cepa L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) Secara Hidroponik sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN.Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang tumbuhan)
skripsi pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekstrak limbah bawang merah bersumber dari pedagang sayuran kawasan Darussalam Banda Aceh. Banyak limbah bawang merah yang dapat di manfaatkan sebagai sesuatu yang berguna untuk kebutuhan unsur hara pada tanaman. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan esktrak limbah bawang merah terhadap pertumbuhan tanaman sawi dan hasil penelitian digunakan sebagai modul praktikum laboratorium mata kuliah fisiologi tumbuhan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakukan dan 5 ulangan. Konsentrasi ekstrak yang digunakan adalah kontrol 0%, P1 2%, P2 4%, P3 6%. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Maret Sampai April 2017. Objek dalam penelitian ini adalah tanaman sawi (Brassica juncae L). parameter yang diukur dalam penelitian yaitu tinggi tanaman dan jumlah daun sawi pada hari ke-5, 10, 15, 20, 25, 30, 35 sampai ke-40 hari setelah tanam (HST). Data dianalisis mengunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak limbah bawang merah berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman sawi yang meliputi tinggi tanaman serta jumlah daun sawi. Konsentrasi ekstrak limbah bawang merah yang paling baik yaitu P3 6% dan P2 4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Lina Rahmawati, M.Si, NIP.197505271997092003 2. Nafisah Hanim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ekstrak, limbah bawang merah, pertumbuhan tanaman sawi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: irawati ira syfandy
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:50
Last Modified: 24 Aug 2017 07:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item
TOP