Firnanda, 251324504 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPA pada Materi Elastisitas di MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Firnanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (875kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di kelas X IPA MAN Cot Gue Aceh Besar, diperoleh permasalahan bahwa prestasi siswa terhadap belajar Fisika sangat minim, sebagian siswa mengenali bidang studi fisika sebagai ilmu yang rumit yang selalu disertai dengan rumus-rumus yang disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang di senangi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X IPA pada materi Elastisitas di MAN Cot Gue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Pre-Experimental Design.. Sampel pada penelitian ini adalah siswa/i MAN Cot Gue Aceh Besar yaitu kelas X IPA. Instrumen penelitian untuk mengukur prestasi belajar, instrumen tes berupa tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas. Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Chi Kuadrat diperoleh data terdistribusi normal. Hasil perhitungan homongenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 21. Dari hasil perhitungan diperoeh thitung = 2,07 dan ttabel = 1,72, yang berarti bahwa thitung>ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA MAN Cot Gue pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Gunawati, M.Si; 2. Juniar Afrida, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Pretasi Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Firnanda Nanda Fir |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 03:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 03:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4906 |