The Implementation of Index Card Match in Teaching English Tenses

Fitrianizar, 231324369 (2018) The Implementation of Index Card Match in Teaching English Tenses. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match)
Fitrianizar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (842kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajarkan Simple Present Tense dan Simple Past Tense kepada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Sampelnya adalah siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan kuesioner. Penelitian dilakukan dalam 6 pertemuan untuk masing-masing kelas melalui pre-test, eksperimen, post-test dan kuesioner. Setelah mendapatkan data, hasil pengujian dianalisis dengan menggunakan prosedur statistik, peneliti mendapatkan hasil olahan data bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (78,30) lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol (55,5). Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen meningkat dalam penguasaan mereka dalam belajar Simple Present Tense dan Simple Past Tense dengan menggunakan Index Card Match. Selanjutnya, ini juga dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis bahwa to lebih tinggi dari t-tabel (16,05> 1,681). Ini berarti ada peningkatan prestasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Index Card Match. Selain itu, penggunaan strategi Index Card Match meningkatkan kemampuan siswa dalam segala aspek dan bentuk yang diuji setelah mengajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil olah data bahwa siswa meningkat dalam masing-masing aspek dan bentuk berada pada tingkat predikat perbaikan tinggi (high improvement). Ini juga mendukung pernyataan bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajarkan tenses bahasa Inggris. Terakhir, berdasarkan analisis kuesioner, peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa sepakat bahwa penggunaan strategi Matching Index Card sangat menarik dan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mempelajari Simple Present Tense dan Simple Past Tense.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Siti Khasinah, S.Ag., M.Pd 2.Nidawati, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementation, Index Card Match, Teaching English, Tenses
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Fitri Fitrianizar Rahman
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:47
Last Modified: 28 Sep 2018 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item
View Item