Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan Wingeom pada Materi Geometri di MTsS Darul Ihsan Aceh besar

Nazira Ulfa, 261222883 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan Wingeom pada Materi Geometri di MTsS Darul Ihsan Aceh besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Nazira Ulfa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of From B dan Form D.pdf]
Preview
Text
From B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran yang baik adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu strategi dalam mengajarkan materi matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Think Pair Share (TPS). Think Pair Share (TPS) adalah suatu pembelajaran kooperatif yang memberikan lebih banyak waktu untuk siswa berfikir (think) secara individu, kemudian secara berpasangan (pair), dan berbagi (share) dengan seluruh siswa di dalam kelas. Selain menggunakan model pembelajaran, media pembelajaran juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Wingeom adalah salat satu media yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi pertanyaan penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) melalui wingeom dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain the one-group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Darul Ihsan Aceh Besar tahun pelajaran 2017/2018, dan sampel diambil secara sampling purposive yaitu kelas VIIe. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa sesuai dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi ∝ = 0,05 dan dk = 31 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 21,77 > 1,70, maka hasil belajar siswa meningkat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan wingeom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd 2. Lasmi, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kooperatif Tipe, Think Pair Share(TPS) Software Wingeom
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nazira Ulfa
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:34
Last Modified: 20 Sep 2018 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item
View Item