Penerapan Model Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Balok dan Kubus di kelas VIII SMPN 10 Banda Aceh

Desmadia, 261222897 (2018) Penerapan Model Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Balok dan Kubus di kelas VIII SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Desma Dia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model tutor sebaya. Model tutor sebaya adalah model yang menjadikan siswa sebagai tutor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkataan hasil belajar siswa dengan menerapkan model tutor sebaya pada materi balok dan kubus kelas VIII SMPN 10 Banda Aceh. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi balok dan kubus dengan penerapan model tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif berbasis penelitian tindakan kelas (PTK) Tahapan-tahapan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMPN 10 Banda Aceh yang berjumlah 23 siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa pre test, tes akhir disetiap siklus, post test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas siswa telsh mencapai waktu ideal dan termasuk dalam waktu toleransi yang ditentukan. Selain itu, meningkatnya hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori cukup baik pada siklus I dengan nilai rata-rata 79, 4 %, pada siklus II dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85,2 % dan pada siklus III masih dalam kategori baik dengan rata-rata 89,7 % sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I bernilai 30,43 %, pada siklus II bernilai 62, 21 % dan pada siklus III bernilai 86,95 % . jadi dapat dikatakan bahwa model tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Sehingga model tutor sebaya ini bisa diterapkan dalam pembelajaran pelajaran matematika pada materi balok dan kubus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. M. Yacoeb, M. Pd; 2. Cut Intan Salasiyah, S. Ag. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Desma Dia
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:34
Last Modified: 20 Sep 2018 05:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item
View Item