Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu di SMPN 1 Teupah Tengah

Fitriani, 251222845 (2017) Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu di SMPN 1 Teupah Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Fitriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of From B dan from D.pdf]
Preview
Text
From B dan from D.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Fisika yang diterapkan oleh guru di SMPN 1 Teupah Tengah pada umumnya masih menggunakan metode ceramah, kegiatan pembelajaran jarang sekali melibatkan siswa secara aktif, mereka hanya mengandalkan pada penjelasan guru. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dan merasa bosan terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model untuk mempengaruhi semangat siswa, salah satunya yaitu melalui model PBL. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasilbelajarsiswa pada materi suhu di SMPN 1Teupah Tengah (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) pada materi suhu di SMPN 1 Teupah Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Sampel 60 orangsiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu di SMPN 1Teupah Tengah atau Ha diterima karena thitung ≥ ttabel (30,47 ≥ 2,002) dan gambaran respon siswa kelas eksperimen terhadap model problem based learning (PBL) di SMPN 1Teupah Tengah adalah sebanyak 10 (33,33%) orang siswa menunjukkan respon yang baik dan sebanyak 20 (66,66%) orang siswa menunjukkan respon yang sangat baik. Yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa, sehingga minat belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ridhwan, M. Si; 2. Dra. Maimunah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Suhu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitriani Ani
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:06
Last Modified: 21 Sep 2018 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item
View Item