Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Besaran dan Satuan di SMP Negeri 9 Banda Aceh

Ema Mauliza, 251222768 (2018) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Besaran dan Satuan di SMP Negeri 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Ema Mauliza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Banda Aceh pada pelajaran fisika materi Besaran dan Satuan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa kebanyakan siswa pada umumnya menganggap pelajaran Fisika sulit karena mereka banyak menjumpai persamaan-persamaan, sehingga Fisika diidentikkan dengan angka dan rumus. Siswa tidak memperhatikan penjelasan yang dijelaskan oleh guru, kebanyakan siswa jenuh, dan kurang semangat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi besaran dan satuan di SMP N 9 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen dengan Pre test dan Post test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 9 Banda Aceh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu 7,85 > 1,68. Dengan demikian Ha diterima, artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sabaruddin, M.Pd; 2. Marzuki, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Materi Besaran dan Satuan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ema Mauliza
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:59
Last Modified: 21 Sep 2018 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item
View Item