Ismiati, 251222825 (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Konsep Alat-Alat Optik di MTSN Rukoh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Ismiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (789kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dilakukan beberapa MTsN, ditemukan bahwa pembelajaran fisika masih dianggap sulit dalam memahami konsep, dan masih tergolong rendah. Hasil observasi umumnya guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi alat-alat optik. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Darussalam tahun pelajaran 2015/2016 dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 173 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen, dan VIII3 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan The non-equivalent pretest posttest control group design. Instrumen yang digunakan model tipe cois terdiri 25 soal. Berdasarkan analisis yang di lakukan di peroleh bahwa N-gain kelas eksperimen lebih baik di bandingkan N-gain kelas kontrol. Hasil T tes yang di lakukan di peroleh bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel, hal ini berarti tolak Ho dan terima Ha. Sehingga dapat di simpulkan pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada konsep alat-alat optik di MTsN Rukoh, Banda Aceh baik tahun ajaran 2015/2016, karena siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konversional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M. Pd 2. Mukhlis, ST |
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, presatsi hasil belajar, alat-alat optik |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ismiati - |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 02:57 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 02:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4971 |