Strategi Komunikasi Bisnis Radio Swasta di Banda Aceh dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Siaran

Muhammar Rinaldi, 140401038 (2018) Strategi Komunikasi Bisnis Radio Swasta di Banda Aceh dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Siaran. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Komunikasi)
Muhammad Rinaldi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Bisnis Radio Swasta dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Siaran”. Dalam menghadapi zaman teknologi informasi yang terus berkembang, radio yang merupakan salah satu media informasi terus melakukan perkembangan dalam memberikan informasi, hiburan bagi masyarakat. Dengan munculnya beberapa media baru seperti internet, media sosial dan teknologi informasi baru lainnya, membuat radio semakin ditinggalkan. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti kedua radio yaitu radio Baiturrahman 98.5 FM dan radio Megah 95.3 FM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis radio swasta di Banda Aceh dalam menghadapi persaingan bisnis siaran dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi radio swasta dalam menghadapi persaingan bisnis siaran serta solusi atau upaya dalam menghadapi kendala-kendala tersebut. Kendala yang dihadapi oleh radio swasta yaitu kendala eksternal dan internal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini dengan cara menyimpulkan data yang diperoleh dengan cara wawancara selanjutnya menjelaskannya dalam bentuk narasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa kedua radio swasta tersebut menerapkan beberapa strategi dalam menghadapi persaingan bisnis siaran, Strategi yang digunakan oleh kedua radio ialah strategi program siaran, strategi fasilitas layanan, strategi kerjasama, strategi pemasaran, dan strategi dari segi penyiar. Kendala yang dihadapi radio yaitu kendala eksternal seperti tarif iklan di radio yang berbeda, kendala pemasaran dan sebagainya, sedangkan kendala internal terdapat di dalam radio sendiri. Sedangkan upaya yang juga dilakukan oleh kedua radio dalam menghadapi kendala-kendala yaitu dengan mengemas program yang kreatif, inovatif dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ade Irma, B.H. Sc.,M.A, 2. Asmaunizar, S.Ag., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Bisnis, Radio Swasta, Persaingan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rinaldi
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:50
Last Modified: 24 Sep 2018 04:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item
TOP