Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh

Isnaturrahmi, 261324664 (2018) Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Isnaturrahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB) | Preview

Abstract

Menurut Permendikbud nomor 24 ialah salah satu yang menjadi tujuan pembelajaran matematika diantaranya memiliki sikap sosial, yaitu menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Sesuai dengan hal itu bahwa pembelajaran matematika memberi pengaruh yang besar terhadap kepercayaan diri atau dikenal dengan istilah self efficacy. Namun, kenyataannya proses kegiatan belajar yang dilakukan siswa terkadang menghadapi sebuah hambatan. Hambatan yang utama muncul dari dalam diri siswa tersebut salah satunya adalah self efficacy siswa yang rendah. Siswa yang memiliki self efficacy tinggi pasti lebih tinggi hasil belajar dibanding siswa yang self efficacy rendah karena kurangnya motivasi untuk belajar. untuk itu, maka perlu kiranya sekolah mengembangkan suatu model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa, yaitu model pembelajaran yang berkaitan erat dengan motivasi siswa ialah model pembelajaran ARCS yang merupakan suatu aspek untuk merancang motivasi serta lingkungan belajar dalam mendorong dan mempertahankan motivasi siswa untuk belajar dengan disertai self efficacy siswa karena mereka mampu meyakinkan dirinya sendiri untuk menyesuaikan, menyelesaikan, dan menghadapi tugas-tugas matematika yang sulit, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur hasil belajar, dan lembar observasi untuk mengukur self efficacy. Untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor 1 digunakan analisis data uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Sedangkan, untuk pertanyaan penelitian nomor 2 menggunakan uji Anova. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model ARCS dan self efficacy lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional dan terdapat pengaruh kepercayaan diri siswa (self efficacy) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani., M.Pd; 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Isnaturrahmi Rahmi
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:47
Last Modified: 28 Sep 2018 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item
View Item