Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Tape Recorder dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Min Alue Rindang Aceh Besar

Karnila, 201223471 (2017) Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Tape Recorder dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Min Alue Rindang Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Media Tape Recocorder)
Karnila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas V, belajar Bahasa pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Supaya Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V MIN Alue Rindang Aceh besar, menunjukkan bahwa masih banyak siswa merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Indonesia, terutama dalam aspek berbicara, dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran. Sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai target yang ditetapkan dalam KKM. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran dengan menerapkan media Tape Recorder. Peneliti ini bertujuan (1). Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media Tape Recorder dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media Tape Recorder dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V MIN Alue Rindang Aceh Besar. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 12 Agustus 2016 di MIN Alue Rindang Aceh Besar pada siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi aktivitas guru dan siswa dan tes . Hasil belajar siswa di analisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1). Skor rata-rata aktivitas guru selama mengelola pembelajaran dengan menggunakan media tape recorder untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada siklus I 2,73 dalam kategori cukup. Siklus II 3,21 dalam kategori baik, pada siklus III mengalami peningkatan 3,47 dalam kategori baik, sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa selama mengelola pembelajaran berlangsung dengan mengunakan media tape recorder dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa adalah 2,82 pada siklus I dalam kategori baik, siklus II 3,35 pada siklus III mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 3,41 dalam kategori baik.(2). Ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan media tape recorder dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa menunjukkan siklus I 71,42%, siklus II 78, 58%, siklus III 92,86% terjadi perbedaan di setiap siklus pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terdapat peningkatan dengan menggunakan media tape recorder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Yuni Setia Ningsih, M. Ag 2.Fakrul Rijal, M.A
Uncontrolled Keywords: Media Tape Recorder dan Kemampuan Berbicara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Karnila Yarsimah
Date Deposited: 04 Sep 2017 09:30
Last Modified: 04 Sep 2017 09:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item
TOP