Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Kartu pada Materi Stoikiometri

Yesi Akhlaqul Qarimah, 140208116 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Kartu pada Materi Stoikiometri. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Yesi Akhlaqul Qarimah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (987kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil survai yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, menunjukkan Proses pembelajaran dilakukan dengan menjelaskan materi, rumus-rumus dan memberikan contoh soal. Selain itu peserta didik jarang melakukan praktikum, pembelajaran lebih sering dilakukan dikelas. Sehingga peserta didik kurang aktif. Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menerapkan model Pembelajaraan Problem Based Learning Menggunakan Media Kartu. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model problem based learning menggunakan media kartu, dan respon peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian quasi experiment. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk multiple choice dan angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji N-Gain, pengujian hipotesis serta respon peserta didik dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00<0,05. maka dapat diputuskan bahwa Ho ditolak. Respon peserta didik terhadap model problem based learning menggunakan media kartu menunjukkan bahwa 60,48% peserta didik sangat setuju. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu efektif digunakan pada materi stoikiometri di kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Kartu, Hasil Belajar,Stoikiometri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Yesi Akhlaqul Qarimah
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:49
Last Modified: 26 Sep 2018 08:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item
View Item