Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menerapkan Scientific Approach di Kelas IV MIN Miruk Aceh Besar

Rizqa Fitrianda, 2011121735 (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menerapkan Scientific Approach di Kelas IV MIN Miruk Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Rizqa Fitrianda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendekatan yang tepat dalam pengajaran akan menimbulkan motivasi yang tepat bagi siswa untuk menyerap dan melaksanakan apa yang telah disampaikan oleh guru. Namun kenyataanya di lapangan bahwa setiap pendekatan pembelajaran tidak selalu tepat dan efisien dalam kondisi kegiatan pembelajaran. Mengingat hal yang demikian, guru harus mampu mempergunakan pendekatan yang tepat, agar tidak membosankan bagi siswa Pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan di sekolah ternyata sangat abstrak. Siswa merasa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehingga siswa merasa terpaksa untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik, sehingga dapat merubah sikap siswa yang sebelumnya menganggap IPA itu sulit dipelajari menjadi lebih mudah dipelajari dan menyenangkan. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan scientific approach? Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan scientific approach? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran di kelas diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan persentase sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Scientific Approach pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,47 (kategori baik), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,74 (kategori sangat baik), pada aktivitas siswa saat dilakukan pembelajaran dengan menerapkan Scientific Approach pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,3 (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 3,4 (baik), pada siklus pertama KKM klasikal tidak tuntas karena hanya 63,33% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus kedua KKM klasikal 96,66% (tuntas). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menerapkan Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN Miruk Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M. Pd 2. Al Juhra, M. S.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Ipa, Scientific Approach
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 04 Oct 2018 10:06
Last Modified: 04 Oct 2018 10:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item
View Item